jump to navigation

Manfaat Olahraga November 28, 2009

Posted by ariberbagi2 in Edukasi, Sport.
Tags: , ,
trackback

Apa sich manfaat olahraga itu???? itulah pertanyaan yang sering ditanyakan orang-orang kepadaku. Gak peduli di kantor, angkringan, tempat kongkow, dsb. Ya wajarlah kalau banyak orang yang tanya hal itu kepadaku, secara aku kuliah di Olahraga gitu lhohhh…..xixixixixi. Yap, aku adalah mahasiswa JPOK-FKIP-UNS yang notabene sebagai kampus yang bisa dibilang cukup terkenal di Indonesia hehehehe.

Olahraga pada dasarnya adalah obat, yap tentu saja saya berkata begitu. Jelas kita ketahui bahwa olahraga ini dapat menyehatkan badan. Tentu saja olahraga yang kita lakukan sesuai dengan porsi keadaan tubuh (fisik) kita, sebaliknya kalo olahraga itu kita lakukan berlebihan justru bisa mengakibatkan over dosis xixixixix ngeri yach……

Tapi sebagai seorang mahasiswa yang bisa dibilang jauh dari pandai hehehe aku selalu menjawab pertanyaan itu dengan definisi para ahli gitu lhoh. Kayak gini nich definisi dari ahlinya.

Daniel Landers, seorang profesor pendidikan olahraga dari Arizona State University menemukan manfaat lain olahraga untuk otak manusia. Menurut Daniel Landers, manfaat olahraga terhadap otak sebagai berikut:

1. Meningkatkan kemampuan otak
Latihan fisik yang rutin dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan mental. Karena olahraga bisa meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan mempercepat aliran darah menuju otak. Para ahli percaya bahwa hal-hal ini dapat mendorong reaksi fisik dan mental yang lebih baik.

2. Membantu menunda proses penuaan
Riset membuktikan bahwa latihan sederhana seperti jalan kaki secara teratur dapat membantu mengurangi penurunan mental pada wanita di atas 65 tahun. Semakin sering dan lama mereka melakukannya makan penurunan mental kian lambat. Kabarnya, banyak orang merasakan manfaat aktivitas itu setelah sembilan minggu melakukannya secara teratur tiga kali seminggu. Latihan ini tidak harus dilakukan dalam intensitas tinggi. Cukup berupa jalan kaki di sekitar rumah.

3. Mengurangi stres
Olahraga dapat mengurangi kegelisahan. Bahkan lebih jauh lagi, bisa membantu Anda mengendalikan amarah. Latihan aerobik dapat meningkatkan kemampuan jantung dan membuat Anda lebih cepat mengatasi stres. Aktivitas seperti jalan kaki, berenang, bersepeda, dan lari merupakan cara terbaik mengurangi stres.

4. Menaikkan daya tahan tubuh
Jika Anda senang melakukan olahraga meski tak terlalu lama namun sering atau lama namun dengan santai melakukannya, maka aktivitas itu bisa meningkatkan hormon-hormon baik dalam otak seperti adrenalin, serotonin, dopamin, dan endorfin. Hormon ini berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Studi yang dilakukan di Inggris memperlihatkan bahwa 83 persen orang yang memiliki ganguan mental mengandalkan olahraga untuk meningkatkan mood dan mengurangi kegelisahan.

5. Memperbaiki kepercayaan diri
Umumnya semakin mahir seseorang dalam suatu jenis aktivitas, maka kepercayaan diri pun akan meningkat. Bahkan suatu riset membuktikan bahwa remaja yang aktif berolahraga merasa lebih percaya diri dibandingkan dengan teman-temannya yang tidak melakukan kegiatan serupa.

Comments»

1. jurug - December 8, 2009

kalau saya manfaat olahraga utk cari cewek mas xixixixi😀

ariberbagi2 - December 8, 2009

heheheh bisa juga tuch mas denox’s…..
kan pas olahraga dilihatin cewek2, jadi demen dech tu cewek xixixixiix

2. yos - December 13, 2009

olah raga biar badan ane ngga tambah gendut gan,,,😀

ariberbagi2 - December 15, 2009

xixixixi bener juga gan……biar gak tambun tuch badan…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: